Pengertian Media Grafis dan Jenis-jenis Media Komunikasi Grafis

Pengertian Media Grafis

Media grafis merupakan media yang digunakan untuk menyajikan ide, gagasan, maupun pesan kedalam bentuk visual, dapat berupa kata-kata, kalimat, angka, dan gambar. Media ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas ide atau pesan yang ingin disampaikan, ataupun menyajikan ilustrasi dari sebuah tulisan.

Jenis-jenis Media Komunikasi Grafis

1. Media Luar Ruang : 

Media luar ruang digital menggunakan teknologi digital yang merupakan perkembangan dari media luar ruang sebelumnya yang masih bersifat analog, seperti billboard (papan iklan), spanduk, umbul-umbul, banner, dan baliho
Contoh : Spanduk,Banner, X-Banner, Billboard, Poster, Papan nama, Neon Sign, Baliho, Mobil Box

2. Media Cetak :


Media cetak memiliki kelebihan dan kekurangan dibandungkan dengan media lainnya, yaitu media elektornik dan media online. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari media cetak:
Kelebihan media cetak:
  • Dapat dibaca berkali-kali, jika di simpan
  • Membuat seseorang berpikir secara lebih spesifik mengenai isi tulisan
  • Dapat dikoleksi
  • Harganya cukup terjangkau
  • Mampu menjelaskan hal yang bersifat kompleks dengan lebih baik
Kekurangan media cetak:
  • Lambat dalam memberikan informasi, sebab perlu menunggu proses cetak dan pendistribusian sebelum menyebarkan informasi tersebut.
  • Tidak dapat menyebarkan informasi secara langsung
  • Hanya dapat menampilkan tulisan atau gambar
  • Efek visual hanya berupa gambar
  • Biaya produksi cukup mahal. Sebab perlu dicetak dan dikirim sebelum sampai kepada pembaca.
Contoh; Majalah, buku, koran

3. Media Elektronik




Media Elektronik merupakan salah satu media desain grafis yang bisa digunakan untuk mencantumkan beberapa informasi yang ingin disampaikan dalam bentuk digital visual
Contoh : Televisi, Film, Internet, Handphone, Komputer

4. Special Offer


Special Offer atau kerap dikenal sebagai merchandise dan kenang kenangan merupakan media desain grafis yang biasa ditemukan di sebuah kegiatan-kegiatan besar maupun kecil, dengan menjadikannya sebagai kenang-kenangan, dapat berupa topi, kaos, dll yang didalamnya sudah ada desain sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
Contoh  : Kaos, topi, payung, gelas, souvenir, tas

Nah itulah pengertian media desain beserta jenis-jenisnya, mudah-mudahan dapat membantu kita lebih paham lagi mengenai keluaran dari desain yang kita buat. Salam Kreatif. 

sumber : buku digital graphic design, iwanferdyanto.wordpress.com

kecoakedinginan

Author & Editor

Terima kasih telah membaca artikel ini, silahkan bagikan ke teman-teman, atau jika masih ada yang ingin di tanyakan langsung aja comot di kolom komentar. Salam Kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar