Batch Program Part 1 - (Pengertian Batch Program)



Apakah anda pernah melihat suatu file dengan ekstensi ".bat" pada saat menelusuri windows explorer? Nah itu adalah salah satu batch file pada sistem operasi windows.

Batch file atau bisa juga disebut Batch program atau script adalah file teks yang berisi serangkaian perintah yang dimaksudkan untuk dieksekusi oleh command interpreter, command interpreter sendiri adalah sebuah program komputer yang membaca baris teks yang dimasukkan oleh user dan menafsirkan baris dan teks tadi dalam konteks yang diberikan sistem operasi atau bahasa pemrograman.  Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Batch File mempermudah pekerjaan yang memburuhkan pengulangan atau rutinitas tertentu dengan memungkinkan user membuat batch script untuk mengotomatisasi banyak perintah. 
Ketika batch file dijalankan, shell program atau biasanya disebut dengan cmd (command prompt) membaca file dan mengeksekusi perintahnya, biasanya baris per baris.

Selain itu, batch file berguna untuk menjalankan urutan executable secara otomatis dan sering digunakan untuk mengotomatisasi proses berulang-ulang. Kita  dapat memasukkan perintah-perintah tertentu, seperti for, goto, dan if, memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan bersyarat dari perintah dalam batch file. Sebagai contoh, perintah if melakukan perintah berdasarkan hasil kondisi atau kurang lebih sama dengan perintah if pada bahasa pemrograman pascal .







Sebagai contoh diatas, diakhir nama file diakhiri dengan ekstensi ".bat" yang artinya file tersebut adalah sebuah file Batch. Pada windows 7 hanya mengakui extensi .bat. Pada keluarga windows NT batch file yang bisa digunakan adalah yang ber-extensi .cmd dan .bat .


Itulah sedikit penjelasan mengenai Batch Program. Untuk materi selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara membuat file batch, itu akan saya jelaskan di postingan berikutnya.

kecoakedinginan

Author & Editor

Terima kasih telah membaca artikel ini, silahkan bagikan ke teman-teman, atau jika masih ada yang ingin di tanyakan langsung aja comot di kolom komentar. Salam Kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar